10 Rekomendasi Blender Terbaik (Terbaru Tahun 2023)

chopperku | Blender biasa digunakan untuk membuat jus dan menghaluskan makanan. Alat ini cukup populer dan sering digunakan sebagai alat bantu memasak. Beragam merek dan model blender pun bisa ditemui dengan mudah di pasaran, mulai dari Cosmos, Philips, Oxone, Sharp, dan lainnya. Karena banyaknya pilihan, Anda harus lebih teliti ketika memilihnya.

Untuk memudahkan Anda menentukan pilihan, kami akan menjelaskan cara memilih blender yang bagus, mengenal jenis-jenis blender, dan perbedaannya dengan produk serupa. Selain itu, kami juga akan mengulas beberapa rekomendasi blender terbaik yang dapat Anda pertimbangkan. Jadi, simak terus sampai akhir, ya!




Perbedaan blender dengan peralatan lain yang sejenis

Anda mungkin pernah melihat blender, food processor, dan juicer. Alat-alat tersebut terlihat mirip, tetapi sebetulnya memiliki fungsi atau kegunaan yang berbeda. Blender adalah alat yang dapat digunakan untuk memotong makanan seperti buah dan sayur menjadi berukuran kecil. Buah atau sayur yang sedang dipotong tersebut diaduk menggunakan energi putar hingga teksturnya berubah menjadi lembut.

Di sisi lain, food processor adalah alat untuk memotong makanan dengan mata pisau yang cukup besar. Umumnya, alat ini digunakan untuk menggiling daging dan sayuran. Sementara itu, juicer adalah alat untuk melumat atau memeras makanan untuk diambil saripatinya saja.

Cara memilih blender
Selanjutnya, kami akan menjelaskan poin-poin penting yang harus diperhatikan ketika memilih blender yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Mari simak penjelasannya!

① Pilih berdasarkan jenisnya
Di pasaran, Anda akan menemukan blender dengan beragam jenisnya. Setiap jenis memiliki fungsi yang berbeda-beda. Ketahui dahulu perbedaannya, lalu sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

Stand blender, multifungsi untuk berbagai keperluan dapur Anda

Stand blender adalah bentuk blender konvensional yang banyak beredar di pasaran. Stand blender memiliki body yang kokoh, ada penutupnya, dan juga dilengkapi beberapa pilihan kecepatan. Daya tampung stand blender lebih banyak dibandingkan jenis blender lainnya. Jadi, Anda bisa menyajikan makanan dalam jumlah banyak untuk anggota keluarga.


Saat ini, teknologi stand blender makin berkembang. Selain stand blender biasa, Anda juga akan menemukan vacuum blender yang bisa meminimalkan proses oksidasi saat melumatkan makanan. Alhasil, kandungan nutrisi di dalam makanan tersebut lebih terjaga dan tidak mudah berubah warna.

Hand blender, mudah menghaluskan bahan makanan yang sedikit
Bila Anda ingin melumatkan makanan dalam jumlah sedikit, pilihannya adalah hand blender. Bentuk dan cara penggunaan blender ini mirip dengan mixer, tetapi mata pisaunya berbeda. Bentuk handle yang ergonomis menjadi keunggulan blender ini. 


Untuk kegunaannya, hand blender bisa dipakai untuk membuat bubur, whipped cream, pure, atau mengaduk telur. Bila Anda tertarik mencari rekomendasi hand blender, kami sudah mengulasnya pada artikel berikut ini. Yuk, dicek artikelnya.

Personal blender, praktis penggunaannya dan ringkas penyimpanannya

Kapasitas personal dan ukuran yang ringkas adalah keunggulan personal blender. Dari bentuknya sendiri, personal blender ada beberapa macam.


Single serve blender
Blender ini memiliki ukuran yang kecil dan hanya untuk satu porsi sajian saja. Single serve blender cocok untuk membuat smoothie dan bisa diletakkan di dapur ukuran mungil.


Portable blender
Bila mobilitas Anda tinggi, memiliki portable blender adalah solusinya. Bentuk portablel blender seperti tabung dan cara kerjanya tidak harus dihubungkan dengan listrik. Jadi, Anda bisa membuat smoothie sambil jalan. Selanjutnya, pada artikel di bawah ini, Anda akan menemukan rekomedasi portable blender dari kami. Disimak, ya!

Pertimbangkan kapasitas blender dengan banyaknya hasil yang diinginkan

Saat memilih blender, kapasitas jar wajib Anda perhatikan. Memiliki blender dengan jar berkapasitas besar tentu akan menghemat waktu. Dengan jar yang besar, Anda dapat membuat jus atau smoothie dalam porsi banyak sekaligus. Di sisi lain, Anda juga perlu mempertimbangkan luas dapur dan ruang penyimpanan yang tersedia.

Karena volume minuman akan meningkat selama pengadukan, Anda perlu sedikit meningkatkan kapasitasnya. Misalnya, ketika membuat jus untuk empat orang, kapasitas yang diperlukan ialah 800–1.000 ml. Namun, jika Anda membuat jus untuk konsumsi pribadi, gunakan blender dengan kapasitas kecil atau satu gelas sekitar 200 ml.

③ Perhatikan material jar yang dipakai
Material jar atau jug yang digunakan menentukan kekuatan blender. Selain material plastik atau kaca, kini ada material baru bernama tritan. Mari simak perbedaan ketiga bahan tersebut.

Kaca: Tidak berbau dan tidak mudah tergores
Jar berbahan kaca relatif lebih tahan lama dan higienis karena tak meninggalkan bau yang tidak sedap. Selain itu, material ini juga memiliki ketahanan panas yang tinggi sehingga bisa untuk menghaluskan bahan makanan yang panas. Namun, blender jug kaca umumnya lebih berat. Oleh karena itu, Anda perlu mempertimbangkan antara fungsi yang ditawarkan dan bobot blender secara keseluruhan.

Plastik: Ringan dan mudah dipindahkan

Jar plastik memiliki bobot yang lebih ringan dibandingkan material kaca. Selain itu, harganya lebih terjangkau. Di sisi lain, apabila Anda menggunakannya dalam jangka waktu yang lama, permukaan jar mungkin akan sedikit tergores. Goresan tersebut kemudian akan menyebabkan bau makanan terjebak di dalamnya. Oleh karena itu, jenis jar ini memerlukan perawatan yang lebih teliti agar tetap higienis.

Tritan: Kombinasi keunggulan dari material kaca dan plastik
Tritan adalah material resin sintetis baru yang dikembangkan oleh Eastman, perusahaan peralatan medis terkenal di Amerika. Blender jug bahan tritan memiliki daya tahan tinggi dan tahan panas seperti kaca, tetapi ringan seperti plastik. Di samping itu, perawatannya juga lebih mudah sehingga makin banyak pabrikan yang menggunakan material tritan.

④ Periksa daya motor dan suara mesinnya
Hal lain yang sebaiknya Anda cek adalah kekuatan daya motor dan suara mesinnya. Daya motor menentukan kekuatan blender dan suara blender menentukan kenyamanan Anda saat menghaluskan makanan. 

Daya motor
Daya motor atau kekuatan putaran blender dilambangkan dengan satuan rpm (revolusi per menit). Namun, tak semua seller menuliskan besar rpm dari blender yang dijualnya. Dalam hal ini, Anda dapat memeriksa jumlah watt yang dibutuhkan blender. Biasanya makin besar jumlah watt-nya, makin kuat pula daya putar dari pisau blender. Akan tetapi, daya yang besar membuat kebutuhan listrik makin besar pula.


Suara mesin
Daya putar yang kuat selalu dikaitkan dengan suara bising, padahal kenyataannya tidak selalu begitu. Untuk mencari tahu sebuah blender bising atau tidak, cari tahu lah tingkat kebisingannya dalam satuan dB. Blender yang mengeluarkan suara 68–70 dB bisa dinyatakan tidak bising. Untuk informasi lebih lanjut mengenai hal ini, Anda dapat menanyakannya kepada penjual atau membaca deskripsi produk.

⑤ Periksa juga bentuk mata pisau dengan teliti
Bentuk mata pisau pada blender perlu disesuaikan dengan kekerasan bahan makanan yang akan diolah. Terdapat tiga tipe mata pisau pada blender, yaitu:

Wave blade (bergelombang)
Untuk membuat smoothie, gunakanlah jenis wave blade karena tipe ini efektif untuk menghancurkan es batu menjadi lembut.


Saw blade (bergerigi)
Selanjutnya, ada saw blade. Tipe ini cocok untuk menghancurkan sayuran berserat tinggi dan kacang-kacangan. 


Flat blade (pipih)
Flat blade lebih cocok untuk membuat jus dari sayur atau buah yang lembut. Bentuk mata pisaunya yang lurus memudahkan Anda saat mencucinya. Namun, Anda perlu berhati-hati karena mata pisaunya bisa melukai jari.

⑥ Cek fungsi dan aksesori tambahan yang tersedia
Makin bagus fungsinya, makin tinggi pula harganya. Blender dengan harga yang lebih tinggi umumnya memiliki performa yang lebih baik pula. Oleh karena itu, blender yang memiliki banyak fungsi dan aksesori tambahan sangatlah direkomendasikan.


Sebagai contoh, pilihlah blender yang memungkinkan Anda untuk mengganti mata pisau atau mengatur kekuatan putarannya. Dengan begitu, Anda dapat mengatur blender sesuai dengan kebutuhan Anda.


Selain itu, aksesori tambahan juga cukup penting. Jika blendernya memiliki dua jar, Anda dan keluarga dapat menikmati jus dengan rasa yang berbeda. Ada juga produk yang dilengkapi dry mill untuk menggiling bumbu kering dan wet mill untuk bumbu basah. Dengan begitu, Anda dapat menggunakan blender untuk berbagai kebutuhan.

⑦ Periksa ada tidaknya fitur pengaman
Hal selanjutnya yang perlu Anda perhatikan ketika memilih blender adalah fitur pengaman. Fitur ini berfungsi untuk mencegah Anda terluka apabila tidak sengaja menyalakannya atau terjadi malafungsi ketika blender dibersihkan.


Pilihlah blender yang memiliki fitur pengaman, terutama jika Anda tinggal bersama anak-anak. Misalnya, pilih blender yang tidak akan menyala jika penutupnya tidak terpasang dengan baik. Selain itu, ada juga blender yang akan mati secara otomatis saat mesinnya terlalu panas.


Komentar

Postingan Populer